Meniti Jalan Menuju Roma (part 1)

Sejak masih kuliah saya memang sudah tahu tentang beasiswa Erasmus Mundus. Tahu dari teman, senior, maupun hasil surfing di internet. Beasiswa yang memberi kesempatan mengenyam pendidikan di Eropa, tak hanya satu melainkan di beberapa negara di Eropa *sehingga kemungkinan jalan-jalan keliling Eropa lebih besar ;p*, dan konon katanya jumlahnya paling besar di antara beasiswa yang lain.

All roads lead to Rome – banyak jalan menuju Roma, peribahasa yang sering sekali kita dengar. Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi, langkah demi langkah yang saya tempuh. Dengan kata lain, apa saja yang saya lakukan dalam rangka mengejar beasiswa ini. Sehingga akhirnya, jalan menuju Roma itu, alhamdulillah saya temukan ^^.

Langkah Pertama – Mengumpulkan Informasi

Biasanya, daftar program Erasmus Mundus yang terbaru, untuk tahun ajaran mendatang, di-publish sekitar bulan September, dan aplikasi dibuka sekitar bulan Oktober. Daftar program *(per hari ini) masih belum ter-update untuk tahun ajaran 2011-2012* bisa dilihat di http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/results_compendia/selected_projects_en.php. Khusus untuk program Master, pilih link Erasmus Mundus Masters Courses (EMMCs).

Di setiap program, ada link menuju website program yang bersangkutan. Biasanya di website itu dijelaskan mengenai deskripsi program, persyaratan aplikasi, langkah-langkah aplikasi, dan tanggal deadline aplikasi. Jadi, langkah pertama adalah:

  • mencari program Master Course *atau mungkin Joint Doctorates ;p* yang sesuai dengan minat kita,
  • membaca isi website program yang bersangkutan dengan seksama, lalu
  • memilih 3 kandidat program yang kita incar *maksimal 3, lebih dari itu pasti didiskualifikasi >_<*

Langkah pertama saya bisa dibaca di sini ^^. Setelah itu, saya mencoba mencari informasi tentang program yang saya incar. Beruntung saya dikenalkan pada seorang teman yang mengikuti program tersebut, oleh teman saya yang sudah lebih dulu di sana. Mencari sumber informasi itu penting hukumnya, karena dengan begitu kita tidak akan merasa ‘buta’ dalam mencari jalan :).

Bagi teman-teman yang mungkin sedang mencari sumber informasi tentang beasiswa Erasmus Mundus, terutama yang berkaitan dengan Master Course Language and Communication Technologies (LCT), saya harap saya bisa menjadi sumber informasi bagi teman-teman sekalian ^^. Dan berikut daftar website yang bisa menjadi sumber informasi juga:

(bersambung…)

  1. Mita.. Hehe, mau tanya, program master erasmus mundus tiap tahun beda2 ya? Gak nemu program yg dicari/ program yg nyambung sama bidangku.. Thank u..

Leave a Comment

NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackbacks and Pingbacks: