Ujian… Selesai.

Minggu ujian… telah usai!! Hip hip hurraaayy!!!

Dengan demikian, semester pertama part I selesai sudah. Mulai minggu depan sudah akan berkutat dengan mata kuliah baru. Yap, di sini sistemnya aneh, satu semester dibagi menjadi 2 bagian: 4 mata kuliah part I dan 4 mata kuliah part II.

Empat mata kuliah part I antara lain:
1. Logics & Statistics
2. Tools & Algorithms for NLP
3. NLP Application
4. Data Mining & Semantic Web

Logisc & Statistics dibagi menjadi 2 kuliah yang berbeda, ujiannya pun jadi ada 2. Data Mining & Semantic Web juga dibagi jadi 2 kuliah, tapi ujiannya hanya 1. Jadi total ada 5 ujian yang harus dilumpuhkan… hiyaaatt!

Hari pertama, Statistics.

Sesuai gosip, soalnya ga jauh-jauh dari latihan soal yang diberikan. Soal pertama, membangun Decision Tree. Dulu waktu S1 sudah sering berurusan dengan si pohon ini, jadi… hohoho. Soal kedua, membangun N-Gram Model. Persis dengan soal latihan, hanya dalam skala yang lebih besar, jadi lumayan bikin mabok hitung-hitungannya. All in all… clear! ^^

 

Hari kedua, Tools & Algorithms for NLP.

Sang profesor sudah memberikan contoh soal-soal ujian 2 tahun yang lalu, beserta solusinya, jadi terbayang apa yang akan ditaklukkan. Walaupun cuma 4 soal tapi 3 jam habis tak tersisa untuk mengerjakannya. Soalnya berkisar tentang Automata, Transducer, Context Free Grammars, Lambda Calculus, Feature Structure dan Categorial Grammars.

Sialnya, sang profesor ini saking rajinnya, begitu ujian selesai langsung mengirimkan jawabannya via email T__T. Dan seperti yang sudah diduga, entah kenapa, automata dan transducer yang terbayang di benak saya selalu berbeda dengan milik sang profesor. Yah, semoga yang dinilai bukan cuma keakuratan jawaban, tapi pemahamannya juga ;p. Not as good as I expected but… clear!

Update: baru saja sang profesor mengirimkan rekap nilainya, gila rajin banget ^^; Lalu lalu, pas dibuka ternyata… jeng jerengjeng… nama saya tak ada! :)) Ternyata dia salah meng-attach file, fyuh, padahal sudah deg-deg-plas.

Tak lama kemudian, sang profesor sadar dan mengirimkan yang benar… hasilnya? Alhamdulillah 🙂 15.5/20 *2nd best in class* yippie!!

Hari ketiga, NLP Application dan Logics.

Pertama, NLP Application. Bahannya banyak, ada 13 file presentasi masing-masing sekitar 40 halaman. Mulai dari Basic Linguistic Knowledges (Phonetics, Phonology, Morphology, Syntax, Semantics), Regular Expression, NLP Preprocessing dan NLP Application (Information Retrieval, Information Extraction), Clustering dan Classification. Yah, walaupun bahannya banyak, saya benar-benar tak menyangka kalau soalnya… 6 halaman, 16 nomor, beranak *a, b, c, d gitu maksudnya* &*#^%*$#^!! T___T. Nyamm… Walaupun tersisa 1 anak soal yang memang bingung jawabannya apa, glad I finished them all in time *after 3 hours of non-stop writing* ^^.

Kedua, Logics. Yang ini saya tak tahu sama sekali soalnya akan seperti apa. Secara isi kuliahnya adalah mencatat axiom, teorema, lemma, dan kawan-kawan, beserta pembuktiannya. Cuma ada dua jenis logika yang dibahas: Propositional Logic dan Predicate Logic. Soal ujiannya… mantap! Sang profesor ini memang dewa di dunia logics. Rasanya otak sampai kering karena diperas habis-habisan untuk menjawab soal, i.e.: memikirkan pembuktian dari pernyataan logika, tsahh.

Salah satu perasaan yang paling saya benci setelah ujian adalah, merasa ada yang salah tapi tetap mengumpulkan jawaban *sebelum waktunya habis*, lalu pulang. Di jalan pulang tiba-tiba tersadar apa yang salah, dan jawaban yang seharusnya :(((. Kalau misalnya, sadar waktu masih di dalam ruangan kan masih bisa diperbaiki. Habis ujian Logics inilah yang terjadi, salah satu pembuktian sepertinya salah. Ugh. I hate this feeling.

Hari keempat, Data Mining & Semantic Web.

Sejujurnya, di saat kuliah saya hanya mencatat tanpa mengerti. Waktu belajar untuk ujian baru deh paham “apa maksud dari semua ini??” *lohh, sinetron…*. Kuliah ini berkutat di seputar Knowledge Discovery (Concept Lattice-based, Formal Concept Analysis, Association Rules), Knowledge Representation (Description Logic), Ontology, dan Semantic Web. I love bulding lattices! ^^ Setidaknya nafsu menggambar bisa tersalurkan sedikit di sini ;p. Dan lagi-lagi berurusan dengan logic, Description Logic, yang menurut saya lebih manusiawi dibanding dua tipe logic sebelumnya.

Ujian? Berkaca dari pengalaman sebelumnya, kali ini saya niat tinggal di ruangan sampai detik penghabisan, supaya kalau nanti sadar ada yang salah rasa sesalnya ga sebegitunya. Tapi memang sampai detik terakhir saya masih sibuk menulis jawaban sih ;p, mungkin karena terlalu banyak menghabiskan waktu menggambar lattice *digambar sebagus dan serapi mungkin* :)).

Finished. Fini. Finito.

Begitulah sodara-sodara ^^. Secara keseluruhan, saya cukup puas karena rasanya sudah berusaha semaksimal mungkin. Semoga hasilnya juga memuaskan, amin. Sudah lama tak merasakan rasa lega dan puas setelah ujian, juga rasa sesal karena salah menjawab, ternyata… kangen juga ;p. Sekolah lagi memang menyenangkan! *ehem, sedikit menghibur diri sendiri*.

Btw, apa yang dipelajari di dalam kuliah sengaja saya jabarkan di sini, supaya pada tahu isi dari LCT (Language and Communication Technology) program itu apa. Siapa tahu ada yang tertarik di bidang ini. Seru loh! *lagi-lagi promosi* 😉

Now… it’s time to have fun… yeehaa!! ^^ *download film sepuasnya, planning trip liburan akhir tahun, tidur…*

  1. Menarik menarik… Berhubung kamu udah belajar Description Logic dan Semantic Web, ajarin saya dooong… Saya perlu nih 😛

  2. ehehe.. nanti deh tak kirimin slide nya aja ^^ okeh?

  3. atasmu ngaku minta diajarin, padahal udah jago loh soal Semantic Web dan sebangsanya :p

    Mata kuliah di Nancy “keliatannya” menarik. Berarti Mita sangat menikmati kuliah LCTnya

  4. ih iya juga ya, secara programnya logics, pasti udah jago segala macam logics ;p dasar zakka…

    iya, menarik ^^ cocok lah dengan minat, tapi ya, kuliahnya erat dengan linguistic, bahasa prancisnya ga jago2 :))

Leave a Comment

NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackbacks and Pingbacks: