French Grading System

Hanya ingin berbagi tentang sistem nilai di Perancis, dimana nilainya berkisar antara 0 sampai 20. Berbeda memang dengan sistem IP dan IPK di Indonesia. Tapi konversi dari sistem nilai tersebut ke sistem IPK tidak sesederhana membaginya dengan 5 *kalau dengan cara itu IP saya semester I kemarin ga sampai 3 XD*. Berikut tabel konversinya:

French Grade UMM Equivalent
15 – 20 A
14 – 14.99 A-
12 – 13.99 B+
11 – 11.99 B
10 – 10.99 B-
9 – 9.99 C+
8 – 8.99 C
7 – 7.99 C-
6 – 6.99 D+
5 – 5.99 D
0 – 4.99 F

Selain itu, ada beberapa penghargaan seperti berikut:

Mention Grade Percentile
Assez Bien (“rather good”) – “Honors” 12 to 13.9 10 to 15% of candidates
Bien (“good”) – “High Honors” 14 to 15.9 5% of candidates
Très Bien (“very good”) – “Highest Honors” 16 and above 1-2% of candidates

(source: http://www.morris.umn.edu/academic/french/Grade%20Conversion%20Scales.pdf)

Nilai semester ini biasanya keluar setelah beberapa (atau semua ya?) dosen membentuk team jury dan berdiskusi tentang nilai-nilai para mahasiswanya. Bisa jadi ada nilai yang didongkrak supaya nilai rata-ratanya naik. Tapi ada kemungkinan juga diturunkan dengan alasan tertentu *I don’t really like this ^^;*.

Yah begitulah, yang namanya sistem mau tak mau ya harus diikuti. Yang bisa dilakukan cuma beradaptasi dengan sistem tersebut semaksimal mungkin :). Baiklah, mengutip pesan sponsor dari salah satu dosen “Food luck this semester!” *entah typo, entah bahasa slang yang saya baru tahu ;p* Yosh!

Leave a comment ?

10 Comments.

  1. Food luck ya Mit! Semofa berhasil! hihihihi

  2. yoih, semofa berhasil jufa! ^^ ade-ade aje nih si bapak dosen, heheh..

  3. food luck!! XD
    Msh berapa lama lagi di Nancy, Mit?

    Ada bagus, ada jeleknya juga sih sistem penilaian di perancis gak transparan. Dosen2 pegang kendali penuh atas nilai kita, mereka bisa main nilai. Yang nilai bagus yang pinter “jilat” dosen dan kelihatan rajin.

    Lebih sadis lagi, nilai2 semua orang dari semua jurusan dan semua angkatan bisa didownload dari website kampus (lengkap dengan nama lengkap dan tabel nilainya) >.<

  4. Jadi nilai 5 out of 20 aja udah lulus? Gak ada E-nya ya? Rada beda ama di Portugal ya, padahal setau saya Portugal mengadopsi sistem di Prancis (di Portugal lulusnya >= 9.5 , out of 20 juga)

    • Setau aq syarat lulus itu nilai minimumnya 10/20. Jadi kalo dibawah 10 gak lulus dan gak bisa ngelanjutin ke tingkat yang selanjutnya.

  5. waw baru tau konversinya!
    thanks Mit!

  6. @vicky: kira” 4 bulan lagi kali yaa, abis itu hijrah.. iya betul, dosen bisa bertindak subjektif ^^; walaupun ujian oke tapi keliatan jarang masuk ngaruh juga *padahal ga ada absensi*

    @zakka: sebenernya batas lulus di atas 6 sih, di bawah itu harus ikut make up exam *tapi tergantung jury juga, kalau dianggap rata” nya sudah bagus, ga perlu*.. iya yah aneh kok ga ada E nya..

    @himsky: hehe.. sama” ^^

  7. Boleh tau gak itu tabelnya dr mana ya? Soalnya udah dari taon lalu aq bingung mau konversiin nilaiku gmn. Ditanya ke kedutaan perancis katanya gak ngeluarin konversi. Dikti juga gitu. Akhirnya jd ga bs ikut tes krn syaratnya nilai yg bukan skala 4 hrs dikonversikan dulu oleh badan yg berwenang. Kira2 ada yg tau gak?

    • iya ya lupa ngasih sumbernya, sudah di-update ^^ itu saya dapet hasil googling dengan keyword “french grade conversion”, first result..
      hummh, kalau dari lembaga resmi belum ketemu, nanti coba dicari-cari dulu

Leave a Comment

NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackbacks and Pingbacks: