Tahun pertama… usai sudah.

Pulang liburan kemarin saya masih dag-dig-dug karena email berisi hasil semester II tak kunjung muncul di inbox. Tapi lalu ada teman yang memberi link situs universitas, yang tak pernah saya buka karena dalam bahasa Perancis ;p, dan ternyata nilai-nilai sudah ter-update di sana. Alhamdulillah rata-ratanya masih bisa dibilang bagus ^^, walaupun ada satu nilai yang merusak suasana, huh.

Semester II ini tak seperti semester I kemarin, yang dibagi menjadi 2 bagian. Pada intinya… semester II ini lebih santai, hohoho. Di beberapa kelas pun muridnya hanya kami bertiga, 1st year LCT students, sementara para 2nd year students sibuk dengan thesis-nya.

Jumlah total mata kuliah di semester part II ini ada 5, ditambah 1 research project. Mata kuliahnya bisa dibilang lebih dasar dibandingkan semester I kemarin. Karena sesungguhnya memang mata kuliah di semester I kemarin aslinya milik semester III, makanya kami belajar digabung dengan 2nd year students. Inilah keterbatasan program LCT di Nancy, yang kelas internasional-nya “diada-adakan”.

Mata kuliah di semester ini antara lain:
1. Mathematics for Computer Science
2. Programming for Computational Linguistics
3. Introduction to Linguistics
4. Lexicons
5. Neural Networks

Tentang research project, proyek satu semester, kami mendapat topik tentang resep masakan :). Secara garis besar, dengan domain resep masakan, proyek ini mencakup: representasi resep dalam bentuk tree, tree clustering, dan pattern mining. Malas menjelaskan lebih detil :p, japri saja kalau tertarik lebih lanjut.

Oke, sekarang tentang mata kuliahnya, satu per satu.

Mathematics for Computer Science

Sebagian besar yang ada di kuliah ini sudah saya dapatkan waktu S1 dulu: set theory, function, Turing Machine, dan computational complexity. Yang baru saya dapatkan di kuliah ini: the busy beaver problem dan halting problem, untuk menjelaskan fenomena uncomputability dan undecidability. Matematika banget lah pokoknya, tapi untungnya saya suka, hoho. Nilainya? The best result in this semester ^^v.

Programming for Computational Linguistics

Berkutat dengan Python dan Prolog. Dua-duanya bahasa yang tidak didalami waktu S1 dulu, jadi lumayan… menambah pengetahuan. Nothing I can say about programming, I just… love it ;). Kuliah ini juga ada proyeknya untuk satu semester, mengembangkan aplikasi sejenis Weka, tapi lebih sederhana, cuma fokus di data classification. Classifier-nya pun tinggal menggunakan yang sudah ada di NLTK package untuk Python. Yang agak ribet paling waktu mengembangkan GUI dengan Tkinter, fiuh, geometry manager-nya agak ngeselin.

Introduction to Linguistics

Nah, ini dia kuliah yang benar-benar baru untuk saya. Mencakup dasar linguistik, mulai dari: phonology, phonetics, morphology, dan syntax. Setiap minggu diberi bahan bacaan dan tugas, yang wajib dilaksanakan. Soalnya kadang ada kuis untuk bacaan yang diberikan minggu lalunya. Dan sang dosen benar-benar mengharapkan mahasiswanya berperan serta aktif dalam kelas. Yang paling menyenangkan dari kuliah ini adalah… tak ada ujian! šŸ˜‰ Nilai diambil dari tugas-tugas tiap minggu itu.

Lexicons

Di kuliah ini dibahas beberapa jenis language resource yang tersedia, untuk para linguists dan NLP researchers. Termasuk di dalamnya online dictionary dan lexical database. Di kuliah ini ada tugas presentasi, dan kebetulan saya (bersama satu orang teman) kebagian mempresentasikan WordNet. Sementara ujiannya, membuat analisis tentang lexical database bernama Dante.

Neural Networks

Sebenarnya kuliah ini menarik. Lagi-lagi belajar tentang apa itu pembelajaran mesin alias machine learning, dan bertemu lagi dengan Perceptron yang dulu sudah pernah dipelajari waktu S1. Tapi tidak hanya itu, tentang neural system juga dibahas, jadi belajar bagian-bagian otak manusia. Masalahnya… waktu kuliah ini penyakit, uhm, malas saya sempat kumat, jadi absen dua kali. Dan waktu absen itu topik yang dibahas yang saya tak mengerti sama sekali :(. Jadilah, nilai terburuk selama dua semester di sini menghiasi daftar nilai :'(. Padahal saya sempat bercita-cita mau melanjutkan studi diĀ sini (khayalan tingkat tinggi XD).

Research Project

Judul finalĀ report:Ā Building Semantic Descriptions for Classes of Recipes. Uhm, seperti biasa, baru sibuk mengerjakan di saat-saat akhir menjelang deadline ;). Terutama menulis laporan akhirnya. Ketika defense, komentar penguji adalah kira-kira begini, “Actually I have so many questions after reading the report, but they’re all answered after the presentation”. Yang pada intinya: report NG, presentation OK :). Hikmah dari semua ini adalah… pertama, menulis laporan atau paper itu ga bisa secepat kilat, harus dicicil sejak awal dan melewati revisiĀ berkali-kali. Kedua, saya menemukan resep supaya presentasi oke punya ^^. Ditulis (saya lebih lancar menulis sih daripada berbicara dalam Bahasa Inggris), lalu diulang-ulang kurang lebih sepuluh kali.

——-

Dengan demikian… tahun pertama selesai sudah! Banyak yang disesali, tapi banyak juga yang disyukuri. Tahun depan harus lebih serius, supaya hasilnya juga lebih memuaskan (dan supaya terbuka jalan menuju cita-cita setinggi langit itu, hoho) ^^. One more year to go… semangat!

  1. Hi Mitha, maaf aku kan baru berkunjung ke blog kamu. Kalo boleh tau kamu ambil jurusan apa ya? Thanks šŸ™‚

  2. jurusan.. itu mbak, LCT (Language & Communication Technology), gabungan antara Informatika + Linguistik

Leave a Comment

NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackbacks and Pingbacks: