Archery: Let's Go Hunting!

I volunteer! I volunteer as tribute!

So how is it? Do I look like Katniss Everdeen from The Hunger Games? ­čśë

Walaupun lagi sibuk-sibuknya menulis laporan akhir untuk project kuliah, student job, plus heboh mendukung Jerman dan Italia di Euro Cup 2012, saya menyempatkan diri untuk mencoba kegiatan baru… panahan!

Ada satu area outbound di Terlano, yang berjarak tak sampai 20 menit dengan kereta dari Bolzano. Lebih tepatnya bernama high-rope course Xsund, dan salah satu bagian dari arena tersebut adalah archery course. Serunya, arena panahan itu dibuat seolah-olah kita sedang berburu di hutan, lengkap dengan target berbentuk binatang.

Busur dan anak panah *dipinjamkan maksimal 5* tersedia di tempat penyewaan, lengkap dengan pelindung lengan dan jari, dengan total harga 15 euro tanpa ada batas waktu (kecuali waktu arena tutup). Tapi entah kenapa di saat kami mau membayar, si mas penjaganya bilang kalau harganya didiskon jadi tinggal 12 euro.. yay!

Sebelum dipinjamkan busur, pertama-tama harus dites eye dominance dulu, karena supaya hasilnya maksimal, letak anak panah harus lebih dekat dengan mata yang dominan. Dan busurnya pun berbeda untuk yang bermata dominan sebelah kanan dan kiri.

Salah satu caranya, buat lubang intip dengan kedua tangan, lalu cari objek untuk dilihat dan fokuskan kedua mata ke objek tersebut via lubang intip. Pelan-pelan dekatkan kedua tangan masih dalam posisi yang sama ke wajah, nah, kedua tangan tersebut pasti otomatis memilih salah satu mata, dan mata yang dipilih adalah yang dominan.

I’m a left-eye dominant, even though I’m right handed, so it doesn’t related to the dominant hand. Paling enak memang kalau sama antara mata dan tangan, karena berarti yang menarik busur adalah tangan yang dominan. Tapi ga masalah sih, karena ini pertama kali buat saya, jadi tinggal membiasakan diri aja dengan tangan kiri.

Sebelum hunting dimulai, latihan (alias bergaya dan berpose) dulu ;p.

Aturan hunting-nya adalah, maksimal anak panah yang digunakan cuma 3. Di tubuh binatang ada target, deadly kill, kalau kena target tersebut ceritanya si binatang langsung mati seketika, nilainya 20. Kena di badan si binatang selain di target, nilainya 16. Itu aturan nilai untuk tembakan pertama. Kalau berhasil kena target di tembakan kedua atau ketiga, nilainya semakin berkurang, karena kalau binatang beneran kan pasti keburu kabur ;p. Masih ga kena juga setelah 3 kali? Tet-tooot..

Jumlah total binatang yang bisa “diburu” ada 15, jadi total nilai yang didapat maksimal 300. Dari kami berlima, saya ranking satu! …dari bawah, hahah. Yang lain total nilainya sampai di atas 100, saya 50 aja ga nyampe, hihi. Yah, at least saya berhasil bawa pulang babi hutan buat makan malam, eh XD.

Must definitely do this again!!

P.S.: Lots of thanks to Tania for the pictures.

Leave a Comment

NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>