Category Archives: Nancy

French Grading System

Hanya ingin berbagi tentang sistem nilai di Perancis, dimana nilainya berkisar antara 0 sampai 20. Berbeda memang dengan sistem IP dan IPK di Indonesia. Tapi konversi dari sistem nilai tersebut ke sistem IPK tidak sesederhana membaginya dengan 5 *kalau dengan cara itu IP saya semester I kemarin ga sampai 3 XD*. Berikut tabel konversinya:

French Grade UMM Equivalent
15 – 20 A
14 – 14.99 A-
12 – 13.99 B+
11 – 11.99 B
10 – 10.99 B-
9 – 9.99 C+
8 – 8.99 C
7 – 7.99 C-
6 – 6.99 D+
5 – 5.99 D
0 – 4.99 F

Selain itu, ada beberapa penghargaan seperti berikut:

Mention Grade Percentile
Assez Bien (“rather good”) – “Honors” 12 to 13.9 10 to 15% of candidates
Bien (“good”) – “High Honors” 14 to 15.9 5% of candidates
Très Bien (“very good”) – “Highest Honors” 16 and above 1-2% of candidates

(source: http://www.morris.umn.edu/academic/french/Grade%20Conversion%20Scales.pdf)

Nilai semester ini biasanya keluar setelah beberapa (atau semua ya?) dosen membentuk team jury dan berdiskusi tentang nilai-nilai para mahasiswanya. Bisa jadi ada nilai yang didongkrak supaya nilai rata-ratanya naik. Tapi ada kemungkinan juga diturunkan dengan alasan tertentu *I don’t really like this ^^;*.

Yah begitulah, yang namanya sistem mau tak mau ya harus diikuti. Yang bisa dilakukan cuma beradaptasi dengan sistem tersebut semaksimal mungkin :). Baiklah, mengutip pesan sponsor dari salah satu dosen “Food luck this semester!” *entah typo, entah bahasa slang yang saya baru tahu ;p* Yosh!

Room Makeover Project #2

I have something to hug in my sleep now, I named her… Tongki ^^

During the crazy end-of-year sale, I found this bed lamp, and the butterfly with a cheap price… plus 70% discount! >.<

Pot of ‘colors’ to let my creativity out when I need to…

And lastly… what I’ve been waiting for the whole week…

The whiteboard clock! ^^ Now I can have different clock every day…

I can make it into the whatever clock I’ve been wanting since long time ago ;p

Or, monday morning clock…

Or…

Bon week-end everyone! 🙂

1 Semester… Done. 3 More To Go!

Hari Rabu kemarin, diiringi selesainya ujian terakhir, semester pertama part II *tentang part I bisa dibaca di sini* pun berakhir sudah. Uhuy!! 🙂

Sebenarnya total mata kuliah di semester part II ini ada 6, tapi semua sifatnya pilihan, dan hanya diperbolehkan mengambil 4 mata kuliah. Mata kuliah yang saya ambil antara lain:
1. Grammatical Formalisms
2. Corpus Linguistics
3. Discourse and Dialogue
4. Lexicology and Lexicography

Keempat-empatnya kuliah Linguistic, sengaja begitu, karena katanya nanti di Univ. Bozen-Bolzano Italia akan lebih berbasis Computer Science daripada Linguistic. Dua mata kuliah lainnya: Computational Semantics (Linguistic) dan Database and Web Technology (Computer Science). Computational Semantics… akh, I should’ve taken that course instead of Discourse & Dialogue T___T You will know the reason later…

Sekarang, tentang ujiannya!

Read more »

Room Makeover Project #1

Remember when I say that ‘my room is… kinda boring’ here? Boring room won’t help me in my study time, don’t you think? 😉 So, I’ve decided to add more colorful and interesting things…

This is just the beginning. I can’t imagine what my room will look like in the next few months, when I have to move to Italy ^^;

Fallin’ bubbles and stars, help me having good night’s sleep and nice dreams. But… always tempt me to have a little nap ;p

How can I not be happy looking at little Mr. Smiley every morning? 🙂

I really like to cook lately… Experimental cooking needs utensils that can make you enthusiastic, rite? ;p

Souvenirs!! These are from the last holiday. There’ll be more holidays coming ^^ yihaaa…

Bunch of roses, and…

Box of chocolates 🙂

Well, actually, the last two things are my belated birthday present. Now that the room has been filled with happiness, let’s start studying! ^^

Saveurs D’Orient à Nancy

Serasa belanja di Carrefour Bogor :))

Btw, maaf pajang merek, tak bermaksud mengiklan kok..

*lanjut menikmati cacahan alpukat plus susu kental manis plus coklat bubuk, harusnya tambah kopi nih…*

Santa Claus is coming…

…to town! See? He’s right outside my window ;p

Waktu belanja kemarin saya menemukan paket coklat Saint-Nicolas, dan kebetulan tadi malam turun salju, jadi begitu saya membuka jendela pagi ini… voila! ^^

please, please tell me you brought me my birthday present *wink*

Fête de Saint-Nicolas à Nancy (part 2)

Day 2… carnaval!

Cuacanya kurang bersahabat, hujan salju -_-, tapi peserta carnaval tetap semangat. Antusiasme penonton pun tidak berkurang. Walaupun kamera sampai basah kuyup, foto-foto tetap jalaaan!! Masa kalah sama yang menari-nari ala High School Musical di tengah hujan salju…

[vimeo]http://vimeo.com/17535880[/vimeo]

Lalu lalu, bertemu dengan Miss Nancy!! ^^ Yang ditemani kedua dayang-dayangnya…

Carnaval diakhiri dengan pidato oleh Saint-Nicolas, setelah prosesi pemberian kunci oleh sang walikota…

Dan… acara ditutup dengan, kembang api (lagi)!! Sayang ga sempat foto kembang apinya karena cuma sebentar dan tidak sekeren malam sebelumnya.

What a marvelous weekend! ^^ Merasa beruntung tinggal di kota yang merayakan Saint-Nicolas…

Fête de Saint-Nicolas à Nancy (part 1)

Menurut beberapa sumber yang saya baca, asal muasal Santa Claus berawal dari kisah St. Nicolas. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca di sini. Nah, peringatan kematian St. Nicolas ini kemudian dirayakan setiap tanggal 6 Desember, St. Nicolas Day. Di Perancis, hanya daerah-daerah tertentu saja yang merayakannya, yaitu di Alsace, Lorraine, Nord-Pas-de-Calais, dan Brittany. Dan kebetulan kota Nancy tempat saya tinggal termasuk ke dalam wilayah Lorraine, yeehaaw! ^^v

Perayaan Saint-Nicolas di Nancy cukup meriah, kalau dilihat dari video tahun lalu. Tahun ini, Fête de Saint-Nicolas, the festival, jatuh pada weekend tanggal 4~5 Desember. So… let’s have fun this weekend! *untuk sementara, bubye tugas-tugas*

Sebelumnya, kami berempat para Nancéiens berkunjung dulu ke Emmaus 54, tempat berjualan barang-barang bekas murah meriah: furniture, elektronik, pernak-pernik, maupun baju, semua deh ada di sini ^^. Walaupun bekas tapi kualitasnya masih lumayan bagus. Pertama kali ke sini saya mendapat manteau seharga 8 euro saja, dan hari ini… nemu jaket + cardigan 6 euro saja, hoho.

Sampai di sana tokonya masih belum buka ^^; jadi kami foto-foto + perang salju dulu di halaman belakangnya. Sayang saljunya belum numpuk banyak, dan lebih tepat disebut ‘es serut’ daripada salju. Kurang asik untuk dipakai main timpuk-timpukan.

Setelah puas belanja, kembali ke pusat kota untuk menonton festival di Place Stanislas. Ternyata pertunjukannya baru dimulai jam setengah 8. Tapi sejak jam 5 sore orang-orang sudah mulai berkumpul, dan untungnya diberi hiburan menarik ^^

[vimeo]http://vimeo.com/17477123[/vimeo]

Selama menunggu, walaupun sudah minum coklat hangat, tetap saja masih amat sangat kedinginan. Tangan, kaki, muka semua nyaris beku. Nih buktinya, air mancur saja sampai berubah menjadi ‘es mancur’ ;p.

Akhirnya masuk dulu ke Irish Pub untuk menghangatkan diri XD. Jam setengah 7, terlihat sudah banyak orang-orang yang berjalan menuju Place Stanislas. Tapi kami masih enggan keluar ruangan, dingiiin ~_~. Dan benar saja, ternyata di Place Stanislas sudah penuh sesak, padahal pertunjukan masih satu jam lagi.

Lalu kami pun menunggu dan menunggu, sambil gemeletuk kedinginan. Walaupun berdesak-desakan tapi tetap saja… brrr… Muka dan tangan masih lumayan bisa dihangatkan, tapi jari-jari kaki rasanya beku, mati rasa. Sang pembawa acara berkali-kali mengucapkan “Bienvenue à fête de Saint-Nicolas à Nancy!”, lalu menjelaskan apa yang akan terjadi di pertunjukan nanti. Tapi acara tidak dimulai juga *karena memang belum waktunya ^^;*.

Jadi, pertunjukannya mirip dengan spectacle de son et lumière di bulan September, hanya saja kali ini proyeksi video nya tidak hanya di satu gedung melainkan di seluruh gedung di Place Stanislas, jadi berputar 360 derajat. Ditambah lagi, diselingi dengan… pertunjukan kembang api! 🙂

Dan akhirnya, pengorbanan selama menunggu itu memang tidak sia-sia…

[vimeo]http://vimeo.com/17479295[/vimeo]

Maaf kalau videonya goyang-goyang, soalnya kameranya harus diangkat tinggi-tinggi *maklum, memang paling pendek di antara para penonton lainnya ^^;*, pegel bok! Kedinginan pula. Terus, kayaknya salah memilih tempat, tepat di belakang kami sekelompok anak-anak, yang… berisik buanget!! Sepanjang pertunjukan tak henti-hentinya mengobrol -_-. Akh. Videonya ternoda oleh suara mereka deh.

Hari ini menyenangkan! ^^ Besok, eh salah… hari ini (nanti sore) ada karnaval. Waktunya foto-foto lagi, hohoho…

Titre de séjour… done!

Finally! ^^

Dengan hadirnya sticker ini di paspor, i.e.: titre de séjour a.k.a residence permit, resmilah saya menjadi penduduk Nancy, France. Sekarang jalan-jalan kemanapun jadi lebih tenang, hoho…

Untuk bisa mendapat titre de séjour, harus menjalani medical checkup terlebih dahulu. Saya termasuk beruntung karena dirujuk ke rumah sakit di Nancy, sementara ada teman yang harus ke Metz, jauh aja ^^;. Tapi sebenarnya, walaupun di Nancy, letaknya jauuuh dari pusat kota, yaitu di Vandouvre-Brabois. Nancy coret lah ya istilahnya. Harus naik tram sampai paling ujung, tram stop terakhir, dan jalur tramnya menanjak naik bukit.

Waktu tramnya mulai menanjak, terlihat pemandangan di kanan kiri, putih! Semua putih tertutup salju. Pemandangan yang tak terlihat di pusat kota. Saya yang awalnya kagum terkesima *wooow, salju! hahah, maaf katrok*, tiba-tiba khawatir… gawat, kayaknya dingin deh, lebih dingin dari di pusat kota >_<. Dan benar saja… Brrr…

Untung ga pake nyasar, langsung ketemu RS nya karena dekat dari jalan besar. Begitu sampai di meja pendaftaran, tanpa babibu saya langsung menyodorkan dokumen-dokumen yang dikirim oleh kantor OFII, beserta paspor, dan sang madame pun langsung mengerti ;p.

Lalu si madame terdiam sejenak, kebingungan. Sudah diduga, pasti masalah nama ^^;. Saya sudah siap menjawab: “Iyee, first name dan last name nya samaaa, PARAMITA, cape deh…”. Tapi ternyata, bukan itu.

Sang madame bingung karena, di paspor cuma tertera ‘PARAMITA’, tapi di dokumen OFII tertulis ‘PARAMITA INC’. Dan dia pun nanya apakah first name saya ‘Inc’. Saya baru nyadar, kenapa jadi gitu ya?? Kok jadi kayak nama perusahaan :)). Saya cek formulir OFII yang dulu diisi, tertulis ‘PARAMITA PARAMITA’ kok. Ini pasti petugas di kantor OFII yang secara kreatif mengubah nama saya -_-.

Akhirnya sang madame menyerah, dan mengetik nom: ‘PARAMITA’ dan prenom: ‘INC’. Saya pun pasrah, ga ngerti lagi ^^;. Kemudian sang madame mulai menjelaskan arah ke tempat radiologi, untuk rontgen thoracic (dada). Saya angguk-angguk sambil oke oke saja, pura-pura ngerti. Habis itu langsung menuju tempat rontgen mengandalkan insting dan papan petunjuk ;p.

Selesai rontgen dan mendapat hasil, lanjut ke tujuan kedua, general checkup, yang anehnya di rumah sakit yang berbeda. Ga terlalu jauh sih, tapi karena saya mampir-mampir untuk foto-foto, uhm.. setengah jam jalan kaki.

Hasil foto, semua jadi terlihat b/w ^^.

Setelah menunggu agak lama, tibalah giliran saya. Akhirnya bisa menimbang berat badan, dan ternyata benar, naik! ^^ Angka di timbangan sih 44.3 *kurang 0.7 dari target resolusi tahun ini, hoho*, tapi ditulis 43 oleh bu dokter, mungkin dengan asumsi berat baju 1 kilo. Tinggi badan sih tetap tak bertambah, 152 saja ^^; Lalu cek mata, standar. Sepertinya minus nambah, semua tulisan ada efek shadow walaupun pake kacamata, tanda harus beli kacamata baru kah? *maunya* ;p.

Lanjut periksa tekanan darah, dan pertanyaan-pertanyaan standar general checkup. Intinya saya sehat walafiat, and good to go ^^. Oh, kecuali waktu diperiksa perut dan saya agak mengernyit waktu ditepok-tepok perutnya sama sang dokter. Agak perih, maklum, sudah jam 3 dan saya belum makan sama sekali *ga sempat sarapan, kesiangan*.

Habis itu ke kantor OFII di pusat kota, basa-basi sedikit, dan tak lama kemudian di paspor saya pun sudah tertempel sticker kuning. Fyuhh… selesai! ^^/.

Anyway, seharian ini ‘PARAMITA INC’ jadi masalah dimana-mana, sampai capek menjelaskannya. Kecuali terakhir di kantor OFII, dijelaskan bahwa itu maksudnya ‘tak punya first name atau ‘sama dengan last name, tak terlalu paham saya *bahasa Perancis pas-pasan ;p*. Semoga ini jadi sebuah tanda bahwa suatu saat nanti akan ada perusahaan bernama Paramita Inc. *amiiin…* 🙂

Ujian… Selesai.

Minggu ujian… telah usai!! Hip hip hurraaayy!!!

Dengan demikian, semester pertama part I selesai sudah. Mulai minggu depan sudah akan berkutat dengan mata kuliah baru. Yap, di sini sistemnya aneh, satu semester dibagi menjadi 2 bagian: 4 mata kuliah part I dan 4 mata kuliah part II.

Empat mata kuliah part I antara lain:
1. Logics & Statistics
2. Tools & Algorithms for NLP
3. NLP Application
4. Data Mining & Semantic Web

Logisc & Statistics dibagi menjadi 2 kuliah yang berbeda, ujiannya pun jadi ada 2. Data Mining & Semantic Web juga dibagi jadi 2 kuliah, tapi ujiannya hanya 1. Jadi total ada 5 ujian yang harus dilumpuhkan… hiyaaatt!

Read more »